Friday, September 2, 2011

Deliberasi Publik dalam Interaksi Komentar Pembaca di Situs Berita www.kompas.com Kompas.com dan Social Media Kompasiana


MARIA CHRISTINE ANGGRAENI SADIPUN
No. Mhs : 07 09 03302 / Kom
Deliberasi Publik dalam Interaksi Komentar Pembaca di Situs Berita www.kompas.com Kompas.com dan Social Media Kompasiana
(Analisis Isi Perbandingan Komentar Pembaca Menanggapi Pemberitaan Kasus Ahmadiyah di Situs Berita Kompas.com dan Social Media Kompasiana Periode 6 Februari – 5 Maret 2011 Sebagai Bentuk
 Deliberasi Publik)

ABSTRAK
Deliberasi secara luas sebagai suatu proses politis melalui suatu kelompok yang para anggotanya secara seksama memeriksa suatu masalah dan tiba pada suatu solusi yang beralasan baik setelah melewati suatu periode yang inklusif dan saling menghargai perbedaan sudut pandang yang ada di dalam kelompok tersebut. Proses deliberasi ini ditandai dengan adanya proses analitis dan proses sosial.
Sejalan dengan hal tersebut muncul gagasan baru tentang adanya transformasi dari ruang publik dan deliberasi publik, di mana kehadiran media baru dianggap memiliki potensi sebagai ruang publik yang baru. Sebagai sebuah ruang publik, internet memberikan potensi bagi kita untuk mengekspresikan pandangan kita dan berdebat tentang persoalan tertentu.
Dalam penelitian ini, dilakukan analisis isi pada komentar pembaca dalam menanggapi pemberitaan kasus Ahmadiyah pada kolom komentar pembaca di situs berita Kompas.com dan social media Kompasiana. Penelitian ini menunjukkan bahwa potensi bagi kedua saluran media www.kompas.com dan www.kompasiana.com masih sangat minim untuk dapat membentuk deliberasi publik yang ideal dan dapat berkontribusi bagi solusi permasalahan Ahmadiyah di Indonesia. Namun adanya potensi pada proses sosial menjadi indikasi positif untuk perkembangan media online ke depan sebagai ruang deliberasi.
Kata kunci : Deliberasi publik, Ahmadiyah, Media Online

No comments:

Post a Comment