Saturday, August 20, 2011

Tips Diet

1. Hindari lemak, kurangi karhobidrat.

Asupan karbohidrat tetap diperlukan meskipun sedang program menurunkan berat badan, jadi jangan Anda hilangkan asupan karbohidrat ini. Makanlah dengan jumlah karbodihrat yang dikurangin. Cobalah makan 3-4 sendok makan nasi setiap makan. Kurangi lauk berlemak, ganti dengan protein dan sayur.

2. Kurangi gula dalam minuman anda.

Soft drink mengandung gula yang tinggi, berhentilah mengkonsumsi soft drink. Jika ingin minum soft drink, pilih yang mengandung kalori paling rendah. Beberapa soft drink saat ini telah memiliki produk dengan zero kalori. Selalu biasakan mengkonsumsi air mineral jika Anda sedang berada di luar. Jika Anda ingin minum teh manis, sesekali tidak apa apa. Minumlah air putih minimal 8 gelas per hari.


3. Makanlah minimal 3x sehari untuk diet menurunkan berat badan yang efektif.
Tetaplah makan 3x sehari. Jangan mengurangi frekuensi makan anda menjadi 2x sehari. Dengan menahan lapar, Anda akan cenderung makan lebih banyak. Makan 2x sehari justru akan memperlambat metabolisme dan Anda juga beresiko terkena maag. Tetaplah makan minimal 3x sehari, dengan tentu saja porsi yang sedikit dan seimbang. Misal pagi hari sarapan dengan oatmeal atau sepotong roti gandum, siang dengan 3-4 sdm nasi, sore dengan kentang atau pasta. Hal yang terpenting adalah memilih makanan sehat yang Anda sukai sehingga diet Anda tidak menyiksa. Melewatkan makan utama merupakan kesalahan dalam diet.

4. Makanlah paling akhir 3 jam sebelum tidur.

Makan mendekati jam tidur Anda akan menyebabkan makanan yang anda makan tidak sempat diubah menjadi energi untuk aktifitas Anda, akibatnya penumpukan lemak Anda akan bertambah. Jika Lapar, lebih baik Anda mengkonsumsi susu non fat ataupun makanan nutrisi yang rendah kalori.

5. Latihan kardio (lari, renang, threadmill, aerobik).

latihan kardio sangat efektif untuk membakar lemak, lakukan olahraga ini secara rutin tiap hari. Selain itu olahraga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan.

6. Kurangi makanan gorengan, gantilah dengan makanan rebus.

Jangan melupakan bahwa ikan bakar dan ayam bakar kadang kadang diolesi minyak, jadi tetap hindarin juga makanan ini. Kurang makanan yang digoreng, sebagai gantinya makan makanan yang direbus.


7. Pagi hari yang indah untuk berlatih.

Berlatih pada pagi hari akan lebih efektif, karena perut anda sudah kosong dan tentunya pembakaran yang utama akan mengambil dari lemak yang Anda simpan.

8. Selalu memilih jalan kaki daripada eskalator.

Pilihlah berjalan kaki jika jaraknya tidak terlalu jauh. Jika di kantor selalu pilihlah untuk menggunakan tangga jika Anda hanya ingin turun 1 atau 2 lantai saja. Olahraga kecil ini akan bermanfaat untuk menurunkan berat badan anda jika anda lakukan tiap hari.

9. Menikmati hidup.

Aturlah semua diet yang meliputin pengaturan pola makan dan olahraga sehingga menjadi sesuatu yang menyenangkan, dengan menjadikan diet Anda sesuatu yang menyenangkan maka akan semakin memperbesar keberhasilan diet. Jika Anda tidak bisa menikmati diet Anda justru Anda beresiko stress dan malah sakit.

10. Istirahatlah secukupnya.

Waktu istirahat yang baik adalah 6 – 8 jam sehari. Jangan lebih dari 8 jam per hari.

11. Jangan mencoba semua jenis makanan pada jamuan buffet.

Jangan mencoba semua menu makanan saat ada jamuan buffet. Cukup pilih satu atau dua jenis yang paling Anda suka, lalu lanjutkan dengan salad, ingatlah bahwa Anda sedang mencoba cara menurunkan berat badan .

info tips diet cara menurunkan berat badan nya :

  • Pada saat sarapan kalau bisa pilih menu makanan yang tinggi seratnya ditambah minuman jus jeruk
  • Kalau suka minum teh, mendingan minum teh hijau setiap hari di mana dapat membantu membakar sekitar 70 kalori lebih dalam sehari
  • Kalau suka minum susu, sebaiknya jangan pilih yang fullcream. Silahkan konsumsi minuman susu yang rendah lemak
  • Perbanyak minum air putih. Banyak orang tidak bisa membedakan rasa lapar dan haus. Saat mengira merasa lapar (padahal, sebenarnya haus), Anda akan mengkonsumsi makanan (yang sebetulnya tidak perlu Anda konsumsi) lalu, bagaimana cara membedakannya? Minum segelas air dan tunggu hingga 10 menit untuk mengetahui apakah Anda masih lapar. Jika ya, berarti Anda memang lapar.
  • Makan dengan cara perlahan. Mengapa orang Amerika lebih rentan terkena obesitas daripada orang Prancis? jawabannya, bukan saja karena porsi makan orang Amerika lebih banyak, tetapi juga karena orang Prancis sangat menikmati makanan mereka dalam setiap kunyahan, sehingga cenderung makan secara perlahan. Hal ini menyebabkan perut akan lebih cepal terasa kenyang yang pada akhirnya turut membantu menekan selera dan porsi makan. Bagi Anda yang belum terbiasa, coba trik ini: letakkan sendok atau garpu saat Anda sedang mengunyah, minum air mineral setiap selesai mengunyah, dan kunyah makanan beberapa kali sebelum menelannya.
  • Gunakan piring yang lebih kecil. Kebiasaan di negara kita adalah menghabiskan makanan yang tersaji di piring, berapa pun jumlah kalori makanan dan ukuran piring tersebut. Untuk menyiasatinya, gunakan piring yang berukuran lebih kecil. Anda akan merasa kenyang dengan makan lebih sedikit.
  • Batasi karbohidrat. Makanan tinggi protein, misalnya ikan, merupakan pilihan makan malam terbaik untuk mengkontrol bobot tubuh. Ini karena protein membuat Anda kenyang lebih lama. Jika Anda ingin mengkonsumsi karbohidrat, hindari yang sederhana, karena lebih cenderung disimpan sebagai lemak ketimbang digunakan sebagai energi.

Nah, semoga tips diet ini bisa dengan cepat dapat membuat anda langsing, sehat dan menjadi lebih percaya diri dengan turunnya berat badan.



source : http://www.facebook.com/note.php?note_id=196892180359176


No comments:

Post a Comment